Narasumber Saepul Anwar / SMA Al – Barkah Cikalongkulon (Tim GrombyangOS).

Fasilitas untuk menunjang pendidikan yang diadakan sekolah – sekolah masih banyak yang belum menggunakan sistem yang berbasis open source. Padahal penggunaan fasilitas ini akan menghemat anggaran pengeluaran untuk membeli lisensi perangkat lunak.

Salah satu contoh sekolah yang sudah bermigrasi ke perangkat lunak berbasis Gnu/Linux adalah SMA Al – Barkah Cikalongkulon, Cianjur.

Dengan ditemani oleh tim GrombyangOs, program pembelajaran sistem Gnu/Linux memiliki tujuan yang sangat bagus dalam jangka panjang. Hal ini memberikan pengetahuan baru dan meningkatkan skill dari siswa – siswi di sekolah.

Siswa SMA Al-Barkah di Lab Komputer Sekolah

Kegiatan sekolah di Lab Komputer SMA AL-Barkah Cikalongkulon

Berbagai pihak telah merespon positif atas adanya Gros Al – Barkah yang merupakan perwakilan resmi dari Sekretariat GrombyangOS. Berbagai kegiatan sudah dilangsungkan oleh tim GrombyangOs, seperti instalasi sistem, membuat kelas online, sampai pada komputer untuk siswa.

siswa-belajar-di-lab-komputer

Sumber Sapul Anwar (Fb)

Siswa pun sangat senang sekali dengan adanya sistem berbasis Gnu/Linux tidak khawatir lagi terkena virus atau malware saat berbagi file dengan flashdisk maupun menjelajahi internet.

Menurut data yang di dapat dari Tim GrombyangOs kepada Migrasi Linux, SMA Al – Barkah Cikalongkulon memiliki Tempat Belajar Komputer (TKB) berjumlah 20 lokasi. Seluruh TKB ini telah ditangani dalam proses Migrasi Linux dengan sistem operasi GrombyangOS.

komputer-siswa-albarkah

Sumber smaalbarkahcikalongkulon.sch.id

Dengan adanya GrombyangOS, diharapkan dapat menghemat pengeluaran anggaran sekolah”, ungkap Bendahara SMA Al – Barkah Cikalongkulon Usep Purnama, S.Pd.

Pada tanggal 8 September 2015 secara resmi Gros Al – Barkah sudah diserahkan kepada pihak sekolah untuk proses Migrasi Linux. Berikut beberapa foto dari kegiatan migrasi linux oleh siswa dan ditemani tim GrombyangOs.

Terima kasih kepada Tim GrombyangOS yang sudah memberikan data – data terkait gerakan Migrasi Linux. Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan tim GrombyangOS akan sangat membantu proses pembelajaran dibidang komputer khususnya berbasis open source.