Pada kesempatan kali ini, kita akan membuat program pertama kita di Python. Pastikan Python yang terpasang pada sistem anda adalah versi 3.5 ke atas. Untuk memeriksa versi Python yang terpasang, gunakan perintah python3 --version.
Buka text editor favorit anda, seperti gedit, sublime, nano, atau vim. Kemudian ketik kode berikut pada text editor, biasakan untuk mengetik ulang setiap kode pada tutorial. Jangan hanya copy-paste, seperti kata pepatah: bisa karena terbiasa.

Kemudian, simpan dengan nama sapa.py. Untuk menjalankan program anda, ketik perintah python3 sapa.py pada terminal. Jika tidak ada pesan error, maka program anda akan mencetak teks Hallo Dunia ! pada terminal. Selamat, anda berhasil membuat program pertama anda dengan bahasa pemrograman Python.

Selain dengan cara di atas, anda juga dapat menjalankan perintah secara langsung melalui Python Console. Untuk menjalankan python console, cukup ketik perintah python3 pada terminal dan selanjutnya anda bisa memberikan perintah secara langsung melalui console tersebut.

orang ga jelas @devteam_blackbutterfly) :

python itu intreperter kan om ?

Iya, menerjemahkan kode ke dalam serangkaian p-code kemudian mengeksekusinya. Itu untuk implementasi CPython, sedangkan pada Jython, kode di kompilasi terlebih dahulu menjadi byte-code sehingga dapat berjalan di JVM. Selanjutnya akan di bahas di bab 8. Serba-serbi Python – Implementasi Python.

Operasi Sederhana

Python mempunyai kemampuan untuk melakukan perhitungan matematika, untuk mencobanya silahkan masuk python console dan masukan perintah berikut

Catatan: Pada python console, kode yang kita masukan di identifikasi dengan tanda >>> dan ....

Selain penambahan dan pengurangan, python juga mendukung operasi perkalian dan pembagian. Tanda bintang * untuk perkalian dan garis miring / untuk pembagian. Gunakan tanda kurung (...) untuk menentukan operasi yang di hitung terlebih dahulu.

Catatan: Setiap operasi pembagian, maka keluaran yang di hasilkan selalu bertipe float. Selanjutnya, akan di jelaskan pada sesi Tipe Data.

Pada python, tanda minus pada awal bilangan menunjukan bahwa bilangan tersebut adalah bilangan negatif. Tanda plus juga bisa di berikan pada awal bilangan untuk menunjukan bahwa bilangan tersebut adalah bilangan positif, tetapi hal tersebut dirasa percuma karena tidak memberikan efek apapun, kecuali nilai keterbacaan kode.

Error juga bisa terjadi pada operasi perhitungan di python, contohnya adalah “habis dibagi nol” atau Divided by Zero.

Hal ini terjadi karena tidak ada jawaban untuk perhitungan tersebut. Untuk menghindari kesalahan ini, selanjutya akan di bahas pada bab 4. Exceptions dan Files.

Catatan: Pada python, baris terakhir pada error menunjukan tipe dari error tersebut. Baca pesan kesalahan tersebut dengan cermat, hal ini akan membantu anda untuk memperbaiki program anda.