Printer HP (Hawlett Packard) adalah produk printer yang memiliki dukungan yang baik terhadap sistem operasi berbasis GNU/Linux. Secara default GNU/Linux sudah mengikutsertakan driver untuk printer dari jenis HP. Namun ada salah satu firmware yang dibutuhkan agar printer tersebut dapat berjalan dengan baik lagi. Untuk beberapa printer seperti HP DeskJet 1015 sudah berjalan dengan baik pada Ubuntu 14.04LTS beserta scanner-nya.

Tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang driver/firmware dari printer HP LaserJet 1005 pada Ubuntu dengan menggunakan bantuan aplikasi HPLip.

Langkah pertama buka aplikasi terminal atau bisa juga menggunakan software center seperti Ubuntu Software Center pada Ubuntu 14.04LTS dan Gnome Software Center pada Ubuntu 16.04 LTS. Namun, pada kali saya akan mencontohkan cara pemasangan firmware-nya menggunakan terminal, jangan lupa anda harus mempersiapakan internet yang memadai agar dapat mengunduh paket hplip dengan lancar atau anda juga bisa menggunakan repositori lokal yang berupa CD.

Untuk membuka terminal bisa menggunakan kombinasi tombol ctrl+alt+T. Lalu ketikan perintah sudo apt install hplip lalu tekan tombol enter.

hp-1

Jika tidak terjadi kesalahan maka akan muncul pesan hasil dari pencarian aplikasi HpLip oleh sistem yang akan menampilkan dependence dari HpLip dan pertanyaan yang berisi apakah anda ingin melanjutkan atau tidak, tekan saja tombol Y.

hp-2

Karena saya menggunakan internet untuk mendapatkan paket hplip maka saya harus menunggu :D. Setelah selesai maka tampilannya seperti berikut :

hp-3

Sekarang paket hplip sudah terinstall dalam sistem. Selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu menginstall firmware untuk printer HP LaserJet 1005 dengan menuliskan perintah sudo hp-setup -i lalu tekan enter. Namun, sebelumnya Anda harus sudah menghubungkan printer dengan komputer melalui kabel USB.

hp-4

Setelah menekan tombol enter, makan akan muncul pesan seperti pada gambar dibawah berikut, ada pertanyaan yang menayakan lokasi dimana printer kita terhubung dengan komputer. Karena kita menggunakan kabel USB, maka tekan saja tombol enter.

hp-5

Setelah Anda menekan tombol enter, maka HP-Setup akan mencari lokasi printer sesuai dengan pilihan yang sebelumnya yaitu USB. Jika terjadi error maka akan muncul gambar seperti berikut.

hp-6

Pada gambar diatas menunjukan bahwa lokasi printer kita sudah ditemukan pada komputer. Selanjutnya akan muncul pertanyaan apakah kita akan melanjutkan prosesnya atau tidak? Di manan pertanyaan ini mengarahkan agar kita memilih optiont ‘d’ untuk mengunduh plugin dari HP. Maka tekanlah tombol ‘d’, dan pastikan tetap terkoneksi dengan internet. Perhatikan gambar ini agar lebih jelas.

hp-7

Tunggulah beberapa saat, setelah plugin berhasil diunduh, maka muncul pertanyaan seperti ini yang isinya adalah lisensi dari plugin tersebut.

hp-8

Jika anda menyetujui lisensi dari plugin tersebut maka tekan tombol ‘y’. Tunggu lah beberapa saat.

hp-9

Setelah menunggu sesaat, kiata akan ditanya kembali tentang nama apa yang akan ditampilkan pada System-config printer dari mesin printer tersebut. Jawablah dengn menekan tombol ‘m’.

hp-10

Pertanyaan selanjutnya kita jawab saja dengan menekan tombol ‘y’.

hp-11

Selanjutnya tekan tombol enter 😀 …

hp-12

Sama seperti sebelumnya tekan enter ….

hp-13

Selanjutnya yaitu pertanyaan terakhir, yang menanyakan apakah kita akan mencetak halamn uji (print test page) atau tidak. Saysa sarankan untuk mencetaknya agar tahu apakah driver yang telah terpasang berjalan dengan baik atau tidak pada komputer. Tekanlah tombol ‘y’.

hp-14

Tunggulah beberapa saat 😀 ..

hp-15

Selesai … Hasil print test page nya seperti berikut :

IMG_20160604_222122

Tutorial ini juga dapat digunakan pada printer HP LaserJet P1102 dan printer HP yang lainnya.

Note:

System-config-printer adalah antarmuka dari cups dalam bentuk aplikasi desktop. Jadi, jika anda hendak menambahkan printer kedalam sistem anda cukup dengan membuka aplikasi system-config-printer. Pada menu seperti di Xfce, LXDE, LXQt, GNOME, Unity dll anda bisa mencari aplikasi ini dengan kata kunci “Printer” atau “Pencetak”.

systemprinting

Referensi :

http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1092127