Atom adalah sebuah Text Editor yang dibuat oleh GitHub yang bersifat open source dan tersedia untuk sistem operasi GNU/Linux, Windows ataupun OSX. Atom dengan slogan “A hackable text editor for the 21st Century” ini memiliki interface yang sangat mudah dipahami dan mirip dengan sublime text.

Atom merupakan Text Editor favorit penulis karena dapat dimodifikasi dengan menambahkan ribuan plugin tambahan, fitur multipanelnya, dan banyaknya theme yang bisa kita pasang pada text editor ini. Untuk instalasi theme ataupun pluginnya sendiri sangatlah mudah dengan bantuan apm (atom package manager) ataupun melalui interface pada aplikasi atom.

Atom mendukung banyak bahasa pemrograman seperti C, Python, Ruby, HTML, PHP, dan yang lainnya. Sepengetahuan penulis, untuk menjalankan bahasa pemrograman C ataupun Phyton kamu harus menginstall compilernya dari menu plugin.

Instalasi Atom di GNU/Linux

Install Atom di GNU/Linux sangatlah mudah, apalagi pengembangnya sudah menyediakan executable seperti (.deb) untuk keluarga debian ataupun (.rpm) dan kamu dapat menemukan yang lainnya juga dengan mengunduhnya secara langsung di situs resminya.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan ppa dari webupd8, berikut cara instalasinya

Tangkapan Layar