Salah satu kelebihan menggunakan sistem berbasis Gnu/Linux ialah kamu bisa menginstal lebih dari satu jenis desktop. Berbeda dengan sistem Windows yang hanya menggunakan satu dektop saja.

Memang benar bahwa sistem Gnu/Linux memiliki dua tampilan. Kamu bisa mengoperasikan sistem dalam mode teks sering disebut CUI (Commandline User Interface) maupun dalam mode desktop sering disebut GUI (Graphic User Interface). Tidak hanya itu, perpaduan dua tampilan itu juga bisa langsung dipraktekkan. Sebagai contohnya menggunakan aplikasi Terminal. Ini merupakan perwakilan dari CUI sendiri.

Jenis Desktop Environment

Agar lebih mudah dalam proses belajar Gnu/Linux, kita kenalan dulu dengan apa yang namanya Desktop Environment ( DE ). Beberapa jenis Desktop Environment pada sistem Gnu/Linux yakni:

  • KDE
  • Gnome
  • Unity
  • Cinnamon
  • Mate
  • XFCE
  • LXDE
  • LXQT

KDE

Seperti apa tampilan KDE, silakan lihat saja dulu.

Desktop KDE Plasma

Sumber javacodegeeks

Antarmuka desktop environment KDE ini bisa kamu temui pada distribusi Gnu/Linux Slackware dan Kubuntu. Slackware merupakan suatu distribusi Gnu/Linux yang konsisten dalam membawakan desktop KDE pada sistemnya. Sementara Kubuntu sendiri adalah gabungan dari sistem Ubuntu dengan desktop KDE.

KDE + Ubuntu = Kubuntu

Untuk instalasi sendiri ada 3 tahapan yang bisa kamu pilih, seperti full kde, kubuntu desktop, atau standart kde.

Gnome

Lihat antarmukanya seperti apa.

gnome3

Sumber linux.org

Gnome sendiri merupakan jenis desktop environment yang sering dibawakan oleh distribusi Gnu/Linux Debian. Tampilan yang klasik dan mudah digunakan menjadikan user lebih gampang dalam pengoperasiannya.

Unity

Jenis desktop ini adalah bawaan dari distribusi Gnu/Linux Ubuntu. Fitur dash pada panel menu memudahkan dalam pencarian aplikasi, file, bawaan folder sekalipun. Kamu cukup mengetikan kata kuncinya. Lihat penampakannya.

unity-desktop

Sumber Wikipedia

Cara instalnya:

Cinnamon

cinnamon desktop

Sumber Linuxmint.com

Mate

Jenis desktop ini merupakan bawaan dari distribusi Linux Mint. Sekarang juga ada Ubuntu Mate.

Cara instalnya:

Mate Desktop

Sumber Waahyu.My.ID

XFCE

XFCE Desktop

Sumber Waahyu.My.ID

Sistem operasi yang membawakan jenis desktop ini adalah Xubuntu. Dengan rincian XFCE + Ubuntu = Xubuntu. Sementara untuk menginstalnya silakan ikuti langkah berikut ini:

LXDE

LXDE Desktop

Sumber linuxinsider

Untuk menginstalnya mudah sekali, silakan ketik perintah ini diterminal, eh salin saja ding. pada Operating System Lubuntu memakai DE LXDE

LXDE + Ubuntu = Lubuntu

Openbox

Untuk yang ini merupakan window manager bawaan desktop LXDE makanya akan sekaligus terinstal.

Jika ingin menginstal sendiri desktop ini, silakan instal secara manual.

Openbox Desktop

Openbox Desktop

LXQT

Desktop LXQT

Sumber Wikipedia

Untuk menginstal jenis desktop ini, kamu harus terlebih dahulu menginstal desktop LXDE. Setelahnya lakukan perintah ini:

Manokwari

Untuk jenis desktop ini merupakan asli buatan Indonesia. Desktop ini ada pada distribusi Gnu/Linux BlankOn.

manokwari

Sumber Blankonlinux.or.id