Kreativitas dalam mengaplikasikan tulisan bisa menarik perhatian orang lain. Seperti desain typhographi yang menggunakan berbagai jenis huruf untuk menghasilkan sebuah karya yang keren dan elegan.

Bila saat kamu menggunakan sistem operasi Windows, dalam menambahkan jenis font hanya tinggal menyalin beberapa file yang dengan format *.ttf ke dalam folder Windows/Fonts/. Sistem GNU/Linux tidak jauh berbeda dengan yang kamu lakukan. Tinggal menyalin saja file-file jenis huruf tersebut.

Lalu, bagaimana menginstal font?

Siapkan beberapa jenis font yang disukai, lakukan pemindahan file ke folder /home/USERANDA/.fonts . Untuk dapat melihat folder ~/.fonts pada filemanager, pencet tombol Ctrl+H, karena folder dengan nama depan ada titiknya ter-hidden pada /home/USERANDA/.

Apabila belum ada folder .fonts maka buatlah lebih dulu. Misalkan kumpulan jenis font berada di /media/data/aplikasi/fonts/ (data adalah nama label partisi yang penulis punya).

Keterangan:

cp (copy file and directory) perintah untuk menyalin file ke dalam folder tertentu.

*.ttf , tanda bintang ini untuk memudahkan kita saat menyalin semua jenis file yang berekstensi file .ttf. Namun cara ini tidak efektif, karena itu lebih baik gunakan cara biasa copy paste secara manual.

Adakah cara lain?

Ada, cara ini seperti menginstal aplikasi pada sistem windows. Kamu hanya perlu membuka file jenis huruf tertentu dengan double klik. Nanti akan muncul jendela seperti ini misalnya.

Jendela instalasi jenis huruf

Lakukan klik install, dan dalam jenis font tersebut sudah terinstal. Cara ini sangat mudah karena bisa mengecek lebih dulu bagaimana tampilan dari jenis huruf itu. Tapi, kurang efektif untuk menambahkan jenis huruf yang lebih dari satu.

Setelah melakukan penginstalan jenis font jangan lupa untuk selalu melakukan perintah di bawah ini.

Itulah sedikit cara mudah menginstal font pada GNU/Linux. Bila ada pertanyaan atau kesalahan dalam menulis atau cara-cara di atas, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah.