Pada saat komputer baru dinyalakan otomatis Anda akan melihat tampilan login screen yang secara default akan tampil. Adanya fitur login screen ini juga memberikan keamanan pada sistem komputer yang Anda pakai. Terlebih menyangkut soal isi data yang menjadi privasi Anda.

Login screen ini juga bisa dibuah tampilannya dengan beberapa tema. Seperti GTK, GDM dan HTML Selain mengubah tema dan background-nya pada pengaturan Login Window ini juga disediakan untuk mengatur agar otomatis login. Jadi, Anda tidak perlu memasukkan password lagi pada saat akan masuk ke sistem.

Ilustrasi login screen window pada Linux Mint XFCE

Ilustrasi login screen window pada Linux Mint XFCE

 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengatur secara default jenis desktop yang akan dipakai. Apabila ada lebih dari satu jenis desktop, Anda tidak perlu repot untuk sering memilih jenis desktop saat mau login. Secara default setelah Anda login nantinya akan masuk ke jenis desktop yang sudah diatur pada pengaturan ini. Perhatikan gambar berikut ini.

Untuk membuka pengaturan ini, Anda harus pergi ke menu Setting > Login Window, masukkan password autentifikasi agar bisa mengatur login screen window dan segala macamnya.

Login Window Preference

Login Window Preference

Keterangan dan pembahasan:

Theme

  1. Style, untuk memilih jenis tema yang akan dipakai pada login screen sistem Anda. Di sini disediakan ada GTK, GDM dan juga HTML.
  2. Backgorund, untuk pengaturan ini digunakan agar Anda dapat mengubah background dari login screen.
  3. Welcome Message, berisi tentang pesan apa yang akan ditampilkan saat akan login.

Auto Login

Untuk tab menu ini digunakan agar Anda langsung masuk ke desktop tanpa memasukkan password dan login terlebih dahulu pada Login Window.

Auto login preference

Auto login preference

Options

Pada tab menu ini, Anda dapat mengatur secara default jenis desktop yang akan digunakan pada saat masuk ke sistem. Anda juga dapat mengatur format jam-nya, dalam format 12 jam atau 24 jam yang akan dipakai. Otomatis memilih user yang dipakai juga bisa diatur pada tab menu ini. Jadi Anda tidak perlu repot untuk terus memilih user yang mana. Karena akan tersimpan otomatis yang akan user mana yang akan digunakan untuk masuk.

Pengaturan lanjutan

Pengaturan lanjutan

Untuk mengaktifkan user root pada saat login juga dapat diaktifkan di sini. Bahkan Anda bisa mengatur agar dapat melihat log masuk dari user tertentu bila diaktifkan pada pengaturannya di sini.

Artikel ini:

  • Ditulis dengan: Libre Writer
  • Screenshot : xfce4-screenshoter
  • Editor gambar : Inkscape dan GIMP