Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya pada beberapa aplikasi menjadi beban tersendiri. Seringkali dijumpai beberapa pengguna baru maupun sudah lama menjadi kendala aplikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaannya.

Sebagai contoh aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, masih banyak pengguna yang seringkali menggunakan aplikasi tersebut pada sistem GNU/Linux. Hal ini secara teknis memang menyalahi aturan, namun beberapa faktor penyebab yang menjadi kebutuhan sehari-hari juga tidak bisa dielak begitu saja. Sebagai catatan, lebih baik Anda menggunakan aplikasi pada tempatnya saja. Jangan memaksakan sesuatu yang bukan pada tempat dan platformnya.

Aplikasi alternatif dari Microsoft Office ini ada banyak. Contohnya LibreOffice, WPS Office, OpenOffice.org dan sebagainya. Namun beberapa tampilan yang seringkali menyulitkan pengguna juga menjadi salah satu faktor kesulitan mereka. Nah, untuk itu aplikasi WPS Office lah menjadi solusi dari permasalahan Anda.

 

Cara install WPS Office

Beberapa tampilan aplikasi WPS Office

 

WPS Office yang tampilannya mirip dengan aplikasi Microsoft Office, akan memudahkan Anda dalam beradapatasi menggunakan aplikasi berbasis open source ini. Walaupun WPS Office sendiri juga memilik kategori yang berbayar, tetapi Anda tetap dapat menikmatinya karena aplikasi ini juga ada yang open source.

Untuk menginstal aplikasi WPS Office, Anda harus mengunduh aplikasinya pada situs resmi WPS Office. Selain itu Anda juga dapat mengikuti beberapa perintah berikut. (salin saja biar mudah dan tidak perlu repot keti megetik) 😀

Untuk sistem 32 bit

Untuk sistem 64 bit