Intel XDK merupakan sebuah software development yang dibuat oleh Intel untuk membuat aplikasi asli untuk ponsel dan tablet menggunakan teknologi web seperti HTML5, CSS dan JavaScript. Aplikasi ini disusun secara online melalui platform Cordova untuk membuat cross-platform aplikasi. Intel XDK ini dapat diinstall di Windows, OS X, maupun Linux (32bit dan 64bit). Aplikasi ini memungkinkan pengembang untuk mengkompilasi solusi yang sama untuk platform yang berbeda, sehingga mengurangi jumlah kode yang dibutuhkan untuk kapal produk cross-platform. Intel XDK pertama kali diluncurkan pada tahun 2013.

Cara menginstalnyapun sangatlah mudah, anda tinggal ke laman resmi Intel XDK di Software Intel – Intel XDK. Pilih nama sistem operasi dan ukuran bit sistem operasimu, setelah itu klik Download. Setelah di download maka akan terlihat di folder download sebagai berikut.

Screenshot_2016-06-09_13-39-50

lihat file (xdk_web_linux64_master_3357.tgz) dipojok kanan bawah

Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Extract Here” dan akan ada folder baru dengan nama xdk_web_linux64

Pojok kanan atas

Pojok kanan atas

Setelah itu buka Terminal dan ketikkan:

cd Downloads/xdk_web_linux64/

./install.sh

Maka proses instalasi akan berjalan, lanjutkan prosesnya sampai selesai.

Screenshot_2016-06-08_13-05-45

Jika proses berjalan dengan benar tanpa ada error maka anda berhasil menginstall Intel XDK, dan selamat menggunakan dan semangat belajar.