Cara install Endless OS cukup mudah tetapi berbeda dengan distribusi linux yang lain. Endless OS adalah sebuah sistem operasi yang sangat lengkap dan elegan. Endless OS yang merupakan sistem operasi keturunan debian ini didesain dengan aplikasi yang sangat lengkap (tanpa akses internet) yang sangat cocok untuk penggunaan personal dan keluarga. Dengan desain yang unik, aplikasi yang lengkap, serta wikipedia offline ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mencobanya.

cara install endless os

Persiapan Install Endless OS

Hingga saat artikel ini dibuat, berikut adalah spesifikasi minimal yang dapat digunakan untuk menginstall Endless OS [sumber].

  • Processor 64 bit (Endless OS tidak mensupport 32 bit).
  • RAM : 2 GB (4 GB disarankan).
  • Ruang Penyimpanan : Minimal 32 GB.
  • Resolusi Layar: 1024×768

Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :

  • File ISO Endless OS.
  • Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
  • Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
  • Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.

untuk mengunduh file iso Endless OS, kamu dapat mengunduh dihalaman web resmi Endless OS.

Catatan penting : Endless OS tidak mensupport dual boot dengan linux yang lain ataupun mengganti linux anda dengan endless OS. Endless OS hanya mensupport dual boot dengan windows. [sumber]

Pra instalasi

Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Endless OS, kamu harus memilih bahasa terlebih dahulu untuk dapat mencoba fitur ini.

Jika kamu memilih untuk mencoba Endless OS tersebih dahulu, kamu harus melewati serangkaian prosedur, prosedur ini cukup mudah, pertama pilih layout keyboardnya. 

Baca Terms of Usenya, lalu klik continue.

Oke, sekarang Start using Endless OS.

Kamu dapat melihat tour agar dapat memahami endless OS atau klik skip tutorial jika ingin langsung mencobanya.

Instalasi Endless OS

Kamu akan dipilihkan apakah ingin meneruskan melihat Antegros dengan fitur live, ataupun langsung masuk ke bagian instalasi. Jika ingin melakukan instalasi, pilih “Reformat”. Tahap pertama, kamu harus memilih Endless OS yang tersedia, lalu klik next.

Tahap kedua, kamu harus memilih ruang penyimpanan untuk Endless OS dan jangan lupa centang “i agree to erasing all of my files and apps“. Perlu diingatkan Endless OS tidak mensupport dual boot dengan linux lain ataupun mengganti linux lain dengan Endless OS.  Jika sudah klik next.

Tahap ketiga adalah proses instalasi berlangsung, silahkan menunggu.

Jika proses instalasi sudah selesai, lakukan restart dan jangan lupa untuk melepaskan DVD atau Flashdisk yang digunakan untuk instalasi.

Tahap keempat, jika sudah melakukan restart, pilih bahasa yang akan digunakan.

Tahap kelima, Pilih keyboard layout yang akan digunakan.

Tahap kenam, Baca Terms of Usenya lalu klik Accept and continue.

Tahap ketujuh adalah membuat akun, isi nama dan password, lalu klik next.

Tahap kedelapan, Tentukan zona waktu yang digunakan.

Tahap kesembilan, Proses set-up Endless OS sudah selesai, sekarang klik “Start using Endless”.

Terakhir, silahkan ikuti panduan penggunaan Endless OS atau kamu dapat melewatinya dengan menekan “Skip Tutorial”.

Instalasi Endless OS dengan Windows

Endless OS telah membuat dokumentasi bagaimana cara menginstall Endless OS dengan Windows dengan melakukan dual booting, cara instalasinya berbeda dengan dual booting sistem operasi linux dan windows yang biasanya. Kamu dapat melihat dokumentasinya di website resmi Endless OS.

Tangkapan Layar

berikut beberapa tangkapan layar dari sistem operasi Endless OS.