Cara Install Antegros 17.5 cukup mudah dan hampir sama seperti menginstall distribusi GNU/Linux yang lain.Meskipun Antegros adalah distribusi linux yang merupakan turunan dari Arch, tetapi cara instalasinya cukup mudah. Secara default tampilan instalasi adalah dengan Gnome, tetapi kamu dapat merubahnya saat instalasi berlangsung.

antergos-lcd

Persiapan Install Antegros 17.5

Spesifikasi minimal untuk menginstall Antegros adalah tergantung kamu memilih desktop environment mana saat instalasi, kamu harus menyesuaikan dengan pilihanmu tersebut. Untuk saat ini antegros mendukung desktop environment sebagai berikut :

  • Cinnamon
  • GNOME
  • KDE
  • Mate
  • Openbox
  • Xfce

Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :

  • File ISO Antegros 17.5.
  • Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
  • Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
  • Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.

untuk mengunduh file iso Antegros 17.5, kamu dapat mengunduh dihalaman web resmi Antegros 17.5, dan pilih instalasi Antegros Live.

Pra instalasi

Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Antegros, kamu dapat memilih fitur ini saat pertama kali boot, yaitu dengan memilih “Start Antegros Live”.

pra instalasi

Instalasi Antegros 17.5

Kamu akan dipilihkan apakah ingin meneruskan melihat Antegros dengan fitur live, ataupun langsung masuk ke bagian instalasi. Jika ingin melakukan instalasi, pilih “install it”.

installantegros1

Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.

installantegros2

Tahap kedua, kamu akan disuguhkan informasi terkait proses instalasi seperti ruang penyimpanan yang kosong, komputer kamu terhubung ke sumber daya listrik, dan terkoneksi internet serta cnchi yang terupdate.

installantegros3

Tahap ketiga adalah memilih lokasi kamu berada.

install antegros4

Tahap keempat adalah memilih zona waktu.

installantegros5

Tahap kelima adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai (pilihlah English US).

installantegros6

Tahap keenam adalah memilih desktop environment, kamu dapat memilih dengan seleramu (dalam instalasi kali ini memilih GNOME).

installantegros7

Tahap ketujuh adalah memilih fitur-fitur yang akan diaktifkan

installantegros8

Tahap kedelapan adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan choose exactly where Antegros should be installed untuk melakukan dual booting.

installantegros9

Tahap kesembilan adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.

installantegros10

Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini. baca juga artikel berikut :

Jika sudah yakin silahkan next.

installantegros11

Tahap kesepuluh adalah melihat rangkuman instalasi, jika sudah yakin, next.

installantegros12

Tahap kesebelas adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password, lalu klik Save.

installantegros13

Tahap Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen instalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi Antegros 17.5.

installantegros14

Tangkapan Layar

berikut beberapa tangkapan layar dari sistem operasi Antegros 17.5