MigrasiLinux – Tampilan yang menarik terkadang menjadi nilai plus dan wah bagi pengguna sendiri. Apalagi untuk pamer pada orang lain, ini dekstop ku mana desktop mu, begitu kira-kira. Berbagai teknik sudah dilalui seperti ganti wallpaper, konfirgurasi sendiri, ganti jenis desktop, ganti tema dan icon juga dan segala macam sudah dicoba. Lalu bagaimana itu semua bisa dan mudah dilakukan, mari pahami langkah mudah cara ganti tema dan icon di XFCE.

Untuk pembahasan kali ini pada jenis desktop XFCE. Entah itu pada distribusi GNU/Linux Ubuntu, Linux Mint, Debian, dan yang lainnya. Yang terpenting menggunakan desktop XFCE itu saja. Apabila belum menginstalnya, silakan instal lebih dulu. (Baca juga Kenalan dengan XFCE)

Mengganti tema dan icon

Langkah pertama adalah mengganti tema dan icon. Silakan pergi ke menu > setting manager > appearance. Muncullah jendela pengaturan seperti pada gambar ini.

XFCE4 Appearance

XFCE4 Appearance

Ada 4 tab menu pengaturan yang disediakan yakni: style, icons, fonts, dan settings.

Style dan Icons

Akan ditampilkan berbagai tema yang sudah terinstal pada sistem kamu. Nanti tinggal klik saja dan secara otomatis langsung berubah pada tampilan di desktop XFCE tersebut. Dalam pengaturan ini tidak perlu adanya apply atau ok untuk konfirmasi pemilihan tema yang akan dipakai. (Baca juga Jenis Desktop GNU/Linux)

Begitu juga dengan tab menu Icons, kita dapat memilih salah satu jenis icon yang sudah tersinstal. Bila ingin melihat folder icons, silakan pergi dan telusuri pada folder /usr/share/icons/. Seluruh jenis icon ada di situ, sama seperti tema ada pada /usr/share/themes/.

Fonts

Untuk pengaturan fonts ini bisa kita pilih agar tampilan huruf pada jendela aplikasi dan secara default di atur di sini. Lihat pada gambar berikut.

Mengatur jenis huruf

Mengatur jenis huruf

Settings

Sementara untuk tab menu ini digunakan untuk pengaturan lanjutan. Seperti toolbar style, menu and buttons, dan event sounds.

Pengaturan lanjutan

Pengaturan lanjutan

Window Manager

Langkah kedua ini mengganti tampilan border atau jendela aplikasi. Setelah mengganti tema secara keseluruhan tentulah terkadang border atau jendela aplikasi tidak berubah atau ingin diubah. Nah, kamu bisa mengaturnya mada Window Manager. Silakan buka menu > settings manager > windows manager. Lihatlah jendela pengaturannya seperti ini.

Mengatur tema jendala aplikasi

Mengatur tema jendala aplikasi

Pada pengaturan ini, kita bisa mengaturnya jenis tema jendelanya hingga penempatan button layout -nya seperti, minimize, maximize, dan close.

Itu saja sedikit cara mengatur tema dan icon pada XFCE. Selanjutnya terserah kalian mau dioprek seperti apa itu tampilan. Good Luck dan Selamat Menikmati.

Deskripsi:

  • Ditulis dengan Libre Office Writer
  • Tema : Vimix
  • Window Manager: Windos 10 Dark
  • Icon : Masalla
  • Screenshot: xfce4-screenshooter